Strategi Ekonomi Retail

Strategi Ekonomi Retail

STRATEGI EKONOMI RETAIL 
SEMESTER I
1 Teori Ekonomi Mikro Lanjutan Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai teori ekonomi mikro lanjutan dengan menggunakan teori ekonomi dan teknik-teknik analisisnya. Pokok bahasan pada mata kuliah ini meliputi: Optimasi ekonomi, konsep penawaran dan permintaan, analisis permintaan dan penawaran, elastisitas, teori produksi, analisis biaya dan manfaat, penetapan harga, struktur pasar, efisiensi, kegagalan pasar, dan aspek global Ekonomi Mikro Referensi : Glenn Hubbard and Anthony Patrick O’Brien, Microeconomics, 3e,  Prentice Hall
2 Teori Ekonomi Makro Lanjutan Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai perhitungan pendapatan nasional, multiplier effect, formulasi dan instrumen kebijakan fiskal, formulasi dan instrumen kebijakan moneter, analisis dampak kebijakan moneter dan fiskal kurs dan perdagangan internasional, management makro ekonomi.Referensi : Dornbush, S. Fisher. R. Startz. Macro Economics Eight ed. Irwin Mc Grow Hill. Boston
3 Teori Keuangan Publik Dan Korporasi Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai teori, konsep dan aplikasi terhadap Teori Keuangan Publik dan Korporasi. Selain itu mata kuliah ini juga mengarahkan mahasiswa untuk melihat kenyataan dilapangan mengenai praktik pelaksanaan konsep dan teori, kasus-kasus yang terjadi dengan berbagai macam cara termasuk dengan metode survey Referensi : Dunn, W.N. Public Policy Analysis: An Introduction, Third Edition, Prentice-Hall International Inc., New Jersey.
4 Institusi dan Tata Kelola Sektor Keuangan Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai beberapa industri di lingkungan sektor ekonomi dan keuangan Syariah baik yang meliputi bank dan lembaga keuangan lainnya, Corporate Governance ( Tata Kelola ) Konvensional dan Corporate Governance Syariah, dengan topik-topik sistem Moneter, Bank sentral, OJK Lembaga keuangan syariah vs konvensional , Institusi Keuangan Non Bank, Penerapan Tata Kelola pada Bank syariah, Tata Kelola Asuransi syariah, Tata Kelola Pegadaian syariah, Tata Kelola Dana Pensiun Syariah, Tata Kelola Lembaga keuangan mikro seperti BMT, Tata Kelola Pasar uang dan Valuta Asing Syariah, Tata Kelola Pasar Modal Syariah , Tata Kelola  Fintech Syariah Dan Lembaga keuangan internasional Referensi : Bank & Islamic Financial Istitutions, Prof. Dr. Veithal, MBA; Latumaerissa , Julius R,  Bank dan Lembaga Keuangan Lain Teori dan Kebijakan
SEMESTER II
1 Ekonometrika dan Modeling Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai Ekonometrika. Mata kuliah ini juga memberikan alat analisis kepada mahasiswa untuk mampu mengkaji berbagai hubungan tingkah laku dalam kegiatan ekonomi. Mata kuliah ini memberikan penekanan selain kepada alat juga kepada interpretasi berbagai besaran dalam ekonometri. Mata kuliah ini dilakukan dengan pendekatan teoritis, pendekatan empiris dan menggunakan contoh-contoh aplikatif. Pada akhirnya mahasiswa mampu membuat sebuah model hubungan antar variabel dengan tepat dan dengan metode pengolahan data yang sesuai Referensi : Wooldgrige jeffrey M, Introduction Econometric: A Modern Approach, Third Edition, Thomson South Western
2 Teotri Pembangunan Sumber Daya Manusia Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai bagaimana keputusan-keputusan sumberdaya manusia berkontribusi terhadap kinerja bisnis dan selaras dengan strategi operasional perusahaan. Fokus bahasan adalah pada keterkaitan antara fungsi sumberdaya manusia, pengembangan dan pelaksanaan strategi dan aktivitas sumberdaya manusia yang berorientasi jangka panjang dan strategis.Pendekatan integratif menjadi tema utama dalam pembahasan topik-topik fungsi manajemen sumberdaya manusia. Secara lebih spesifik mata kuliah ini membahas topik-topik penting berupa keterkaitan antara strategi organisasi, kapabilitas strategik dan strategi sumberdaya manusia. Pada pertemuan awal mahasiswa dikenalkan terlebih dahulu dengan fungsi-fungsi Manajemen Sumberdaya Manusia (MSDM) konvensional. Pembahasan fungsi-fungsi MSDM konvensional dilakukan hanya dalam konteks strategik. Mata kuliah ini penting dikuasai oleh mahasiswa mengingat kapital intelektual (human/intellectual capital) yang semakin diandalkan sebagai basis keunggulan kompetitif (competitive advantage) utama yang berkelanjutan bagi organisasi harus dikelola dengan pendekatan strategik dipadukan dengan dinamika perkembangan ekonomi global Referensi : M. Suparmoko, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Edisi 4 Revisi., Yogyakarta; M. Suparmoko et al, Valuasi Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, BPFE, Yogyakarta
3 Ekonomi Lingkungan Bisnis & Kewirausahaan Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai konsep, teori, dan aplikasi dari ekonomi lingkungan dan bisnis dari sisi  pengertian tentang lingkungan bisnis, tanggung jawab sosial dalam organisasi bisnis, tantangan dalam globalisasi, dampak lingkungan dalam bisnis, Teknologi dalam ekonomi global dan hak para stackholder dalam mengelolan keanekaragaman tenaga kerja, proses awal kewirausahaan, analisa studi kelayakan bisnis, konsep business plan dan inovasi, analisa aspek pasar dan membuat business plan dan inovasi sesuai bidang ilmu. Selain itu mata kuliah ini juga mengarahkan mahasiswa untuk melihat kenyataan dilapangan mengenai praktik pelaksanaan konsep dan teori, kasus-kasus yang terjadi melalui survey.Referensi : Baron, DP (2003), Business and its Environmen, 4th Edition. Simon & Sbabuster Co. New Jersey; 2. Suryana. Kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
4 Teori Strategi Retail Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai konsep-konsep strategi retailing secara komprehensif. Mata kuliah ini penting karena membahas secara mendalam mengenai strategi retail.
SEMESTER III
1 Analisa Ekonomi Rantai Pasok Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai keputusan manajerial rantai pasok yang membantu mahasiswa menetapkan, memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Mata kuliah ini menguraikan beberapa hal yaitu: strategi mengelola rantai pasok, isu-isu dan peluang dalam mengelola rantai pasok, langkah-langkah menyeleksi pemasok, menghitung kinerja rantai pasok, dan model-model pengelolaan rantai pasok.
2 Mata Kuliah Pilihan  1
3 Mata Kuliah Pilihan  2
4 Metodologi Penelitian Mata kuliah ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan, merekomendasikan, mengambil keputusan dan membandingkan mengenai proses dalam penyusunan karya ilmiah berupa sebuah riset, dari memulai riset hingga penyusunan hasil riset dalam bentuk karya tulis. Mata kuliah ini juga akan membahas mengenai bagaimana memasukan unsur-unsur keislaman dalam suatu karya ilmiah dalam mengembangkan karya ilmiah.Selain itu juga penelitian ini akan membahas permasalaahan-permasalaahan yang akan sering dihadapi dalam  mengembangkan karya ilmiah Referensi : Sekaran. Uma, research methodology; Hair. Joseph F., William C. Black, Barry J. Babin, Multivariate Data Analysis: A Global Perspective, Pearson education
SEMESTER IV
1  Seminar Proposal Tesis
2   Sidang Tesis
Floatin Button